Transfer History Whatsapp dari iPhone ke Android

Punya pengalaman ganti smartphone? Kalau saya hampir setiap tahun ada saja cerita mindahin data dari satu hape ke hape yang lain. Maklum, saya orangnya suka ga betahan, alias ketagihan pake gadget yang berbeda-beda. Bukannya sombong, tapi gadget-gadget ini enggak ada yang saya beli baru, kebanyakan saya beli second condition. Itu juga Smartphone saya yang lama saya jual dulu.

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya memindahkan history chat Whatsapp dari iPhone ke Android, yang bikin saya sakit kepala. Karena banyak chat yang cukup penting yang tidak pernah saya hapus di hape iPhone saya, makanya saya bela-belain nyari beberapa jam di Internet cara memindahkan chat history tersebut.

Kita ketahui saat ini Whatsapp tidak menyimpan secara history percakapan di server Whatsapp atau istilah lainnya disimpan secara cloud, jadi history tidak akan tersimpan dan akan hilang kalau kita setup baru aplikasi whatsapp, kecuali ada backup history dan media. Untuk Android dibackup lokal dan via google drive, kalau iPhone backup iTunes dan iCloud.

Berbeda dengan aplikasi percakapan lainnya seperti Telegram dan Line yang tidak perlu backup-backupan karena chat history disimpan di cloud server mereka sendiri. Inilah yang kadang membuat saya agak males menggunakan whatsapp, tapi masalahnya pengguna whatsapp ini udah banyak banget, hampir setiap orang di kontak saya memiliki akun whatsapp, apalagi sekarang whatsapp gratis.

Pada perangkat iOS sendiri, chat history bisa dibackup menggunakan iCloud dan juga backup via iTunes. Kelemahannya tentu saja ketika kita mau pindah platform dari iOS ke Android. Karena backup tadi tidak bisa direstore begitu aja di Android.

Cara Transfer History Chat Whatsapp

Cara paling mudah yang bisa dilakukan adalah menggunakan aplikasi desktop pihak ketiga yang menyediakan fitur transfer chat dari iPhone ke perangkat Android. Caranya sangat mudah, tinggal mengikuti petunjuk langsung dari aplikasinya, tinggal klik-klik tombol. Berikut ini adalah list aplikasi desktop yang saya tau:

  1. drFone
  2. Backuptrans

Masalahnya adalah, aplikasi tersebut tidaklah gratis. Ada beberapa yang bisa kamu backup, tapi enggak bisa direstore semua history chatnya. Karena untuk bisa full restore, aplikasi-aplikasi tersebut miminta dibayar dengan harga yang lumayan sekitar 50rb-100rb (apabila dikonversi ke dalam Rupiah). Kalau kamu emang bakal suka transfer chat history multiplatform (mungkin kamu adalah tukang servis). Mungkin kamu perlu membeli aplikasi tersebut.

Alternatif

Karena menurut saya kurang worth it, maka saya mencari alternatif yang lain, yaitu menggunakan wazzapmigrator. Konsepnya adalah membackup iPhone menggunakan iTunes (tanpa enkripsi). Kemudian memindahkan file database chat whatsapp dan media yang ada di iTunes tadi menggunakan aplikasi seperti iBackup viewer. Kemudian file-file tadi dimasukkan ke android menggunakan aplikasi wazzapmigrator (aplikasi android).

Ada sedikit masalah kecil di sini, yaitu aplikasi wazzapmigrator itu enggak gratis. Solusinya adalah menggunakan aplikasi wazzapmigrator yang sudah ada di website mirror, supaya kita bisa menginstall aplikasi tersebut tanpa melalui Play Store. Jadi kita bisa menggunakan aplikasi tadi secara gratis (ilegal). Saya sangat tidak menyarankan ini, karena kemungkinan aplikasi bajakan tadi disusup malware. Tapi apabila kamu sudah siap dengan risikonya, maka pakai saja.

Cara menggunakan iBackup viewer ini bisa dilihat di artikel iBackup Viewer tutorial. Sebenarnya musti bayar untuk backup iTunes yang dienkripsi, tetapi gratis untuk yang tidak dienkripsi. Link download iBackup viewer juga ada pada artikel yang saya kasi tadi. Oiya sebenarnya ada aplikasi alternatif seperti iBackup viewer yang benar-benar gratis, tapi sayangnya ada masalah apabila menggunakan windows 10. Aplikasi-aplikasi gratis tadi bisa didapatkan di sini.

Apabila kamu sudah mendapatkan file-file database yang dibutuhkan, selanjutnya kamu bisa memasukkan file tadi ke dalam smartphone Android kamu, baru nantinya menggunakan wazzapmigrator supaya chat tadi jadi local backup di Android kamu. Tutorial penggunaan wazzapmigrator bisa kamu lihat di sini. Supaya media seperti gambar, video dan suara bisa direstore juga, kamu bisa lihat caranya di artikel How to import media.

Viola, chat history iPhone kamu akan berpindah tanpa ada yang hilang atau rusak di smartphone Android kamu. Saya sendiri tidak ada masalah ketika selesai restore chat. Semua history berpindah dan bisa saya baca tanpa ada masalah.

Semoga bermanfaat.

 

Related Posts